indonesia butuh 1000 pendongeng

semua orang berhak dan sudah pasti bisa mendongeng,bercerita atau berkisah.ngrumpi pun bisa dikatakan bercerita karena mengungkapkan suatu kejadian,namun hal itu dilarang agama karena bisa menyinggung perasaan orang yang dicritakan (ngerasani).cerita atau dongeng yang bermanfaatlah yang dibutuhkan untuk memotivasi anak dan menanamkan nilai-nilai positif ke alam bawah sadar si anak,karena ketika dongeng atau bercerita,sang anak akan menerima pelajaran yang bermakna dan akan terserap masuk ke alam bawah sadar si anak,ia menerima nasehat dengan tidak merasa dinasehati. firman ALLAh :

Ajaklah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah, nasehat yang baik dan debatlah mereka dengan hal yang baik.” (An-Nahl: 125) [3]

mengapa penulis mengatakan indonesia butuh 1000 pendongeng?? karena belum begitu banyak pendongeng atau pencerita yang keluar dari permukaan.terlihat dari jadwal pendongeng nasional seperti kak bimo misal,,beliau masih kualahan menerima job dongeng atau training mendongeng,terkadang jadwal dikasihkan ke saya walau kompetensi saya belum sehebat beliau. hal ini mengundang keprihatinan pribadi saya untuk menggugah para pendongeng yang masih malau-malu mengekspresikan keahlian mendongengnya di mata umum.

ya minimal seorang ibu bisa bercerita kpd anaknya sendiri sebelum tidur,seorang guru berkisah sebelum memberikan pelajarnnya,seorang kiyai bercerita kepada para santrinya,seperti kiyai saya K.H achmad damanhuri ya’kub,beliau setelah jamaah shalat maghrib sering sekali memberikan tausiahnya yang diawali dengan kisah nabi dan para sahabat.

perlu diingat !! cerita bisa menjadi referensi hidup sang anak,jadi,,berceritalah yang baik dan benar,,karena cerita yang tidak baik akan menyesatkan perilaku,cara pandang, dan motivasi anak kedepan.selamat bercerita🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s