PERINTAH ATAU TAULADAN ?

Seringkali orang tua memerintahkan hal positif kepada anaknya,namun orang tua sendiri tidak melaksanakan apa yang ia perintahkan.nyuruh anaknya sholat, mengaji, belajar,tapi orang tua malah lihat TV, akankah bisa berhasil pendidikan yang seperti ini ?

menurut saya jauh dari yang diharapkan,alangkah baiknya ketika orang tua memerintahkan suatu hal dibarengi dengan tindakan yang nyata oleh orang tua maupun guru. ada istilah guru kencing berdiri murid kencing berlari.apalagi seorang anak belum begitu paham tentang sebab akibat, manfaat,dan hal-hal lain yang diakibatkan dari perilaku yang ia kerjakan,dari sini orang tua dituntut untuk lebih mengedepankan tauladan ( contoh yang baik) dari pada perintah. ada firman allah yang menyebutkan :

Wahai orang-orang yang beriman, kenapakah kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan? Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan. (As Shaff:2-3)

mari kita mulai dari para orang tua maupun pendidik untuk mengedepankan tauladan dalam mendidik daripada hanya perintah atau ucapan saja.jangan sampai anak berkata : ayah aja gak sholat kok nyuruh adek sholat ???

5 thoughts on “PERINTAH ATAU TAULADAN ?

  1. kalo guru kencingnya berdiri, berarti guru dari guru tersebut kencingnya sambil terbang….

    betul gak om….???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s