giveaway senangnya hatiku: menghibur anak merapi

giveaway

Dikala merapi mengeluarkan isinya atas izin Allah,seseorang hamba ketika mengalami bencana,pasti sebagai manusia akan merasa sedih karena kehilangan yang ia miliki, seperti rumah dan segala isinya,bahkan kehilangan anggota keluarganya. pada saat kesedihan itu melanda, ia butuh pengibur hati, butuh teman untuk menemani dalam kesusahan, butuh bantuan untuk menyambung hidupnya.bagi orang dewasa akan lebih mampu menghibur dirinya untuk tetap tegar,untuk tetap sabar atas segala cobaan, mampu berfikir dan berusaha menuju keseimbangan mental.lalu bagaimana dengan anak-anak yang tidak seperti orang dewasa ? ia hanya bisa menangis dan menangis,bahkan ada juga yang trauma, teringat-ingat terus menerus akan bencana itu, ada yang kehilangan orang tuanya,ia bingung harus kemana dan mau apa ?

anak korban merapi

Dengan sedikit keahlian yang diberikan oleh Allah kepada saya,saya berinisiatif untuk mengadakan trauma healing di berbagai titik pengungsian, cangkringan,magelang,klaten dan boyolali, sy menghampiri dari satu pengungsian ke pengungsian lain menawarkan diri untuk menghibur anak-anak dengan dongeng motivasi agar anak-anak ceria dan tetap semangat,selain inisiatif sendiri ada juga lembaga sosial yang menyuruh saya untuk mengisi dongeng di pengungsian.

Saat itu di balai desa Wukirsari yang radiusnya kurang lebih 10 km dari puncak merapi saya mendongeng di hadapan anak-anak merapi,mereka tertawa dan senang gambira,seiring berjalannya dongeng saya sembari melirik ke atas langit bahwa ada awan mengepul hitam diiringi dengan hujan abu,saya sedikit khawatir,,namun anak-anak tetap enjoy mendengarkan.tidak hanya anak-anak saja yang menikmati dongeng,ternyata bapak-bapak dan ibu-ibunya juga menikmatinya walau hanya sekedar menemani anaknya

DSCF4577

 halaman Balaidesa Wukirsari

Saat itulah saya merasakan nikmat diatas nikmat yang belum pernah saya rasakan. bisa membuat anak-anak tersenyum disaat mereka dalam kesusahan,kepanikan,ketiadaan orang tua,ketiadaan harta.

Setelah berapa bulan berlalu, saya dan teman-teman mengunjungi kembali area yang terkena lahar dingin. kebetulan di lokasi itu banyak yang jual jajanan dan minuman, dan saya menghampiri salah satu warung jajan yang ada di dekat saya dan teman-teman berhenti. sy kaget,ternyata penjual warung sudah kenal saya, kak adin kan ?? tanya seorang ibu yang punya anak kecil disampingnya, saya langsung menjawab iya mbak, kok kenal saya ? ibuk itu bilang : ya kenal lah, kan kak adin yang ndongeng waktu di pengungsian. terenyuh hati saya karena ibuk itu masih ingat saya walau ketemu hanya sekali dan sudah beberapa bulan gak ketemu, hampir satu tahun mungkin. kemudian saya tanya kembali, ibuk jual disini,rumah ibuk dmana ? ibuk itu menjawab dengan nada yang lirih, ya,, ini rumah kami kak dibawah yang saat ini kami jualan,hilang terbawa awan panas dan terkubur. innalillah,,, saya kaget dan merasa sangat bersalah menanyakan hal itu, kalo tau bahwa tempat yang buat jualan adalah bekas rumahnya yang terbawa awan panas saya mending tidak tanya. allahu akbar …. innalillahi wa inna ilaihi rojiun maha besar Allah yang menghendaki kejadian itu

lalu saya menghibur ibuk satu orang anak itu dengan tetap sabar dan tegar dalam menghadapinya

“Artikel ini diikutsertakan dalam Giveaway Senangnya Hatiku”

4 thoughts on “giveaway senangnya hatiku: menghibur anak merapi

  1. Subhanallah walhamdulillah….
    Saya yang membacanya saja dari tulisan Kak Adin tersebut, merasa terenyuh, apalagi Kak Adin yang mengalami langsung bercerita dengan anak-anak korban Merapi dan salah satu orangtua yang ketemu kembali setelah erupsi selesai. Maka, secara resmi artikel di atas saya nyatakan TERDAFTAR.

    Makasih banyak ya, Kak. Selamat terus berbagi dan membangkitkan semangat anak-anak Indonesia dengan dongeng yang ceria dan berhikmah.

Tinggalkan Balasan

